Pemimpin Yang Mampu dan Kompeten

Kompeten
Pemimpin Kompeten

 

Salah satu syarat untuk menjadi pemimpin adalah kemampuan (Kompeten) yang  menggambarkan kemampuan seseorang untuk melakukan sesuatu secara memadai, atau kapasitas mental seseorang untuk memahami suatu proses. Seseorang dianggap kompeten, saat mereka dapat melakukan tugas tertentu

Kompetensi merupakan keterampilan, pengetahuan dan sikap dasar dalam nilai yang tercermin ke dalam kebiasaan berpikir serta bertindak yang sifatnya berkembang, dinamis, kontinyu atau terus menerus, dan juga bisa diraih setiap saat. Kebiasaan dalam berpikir atau bertindak secara spontan, konsisten, dan dilakukan secara terus menerus akan membuat seseorang menjadi lebih kompeten.

Kompetensi  sering disamakan dengan kecakapan untuk melakukan sesuatu dan saling mempengaruhi semua aspek dalam organisasi tersebut. Kompetensi memiliki pengaruh yang penting dalam lingkungan kerja. Hal ini dikarenakan kompetensi berjalan beriringan dengan perkembangan suatu perusahaan. Semakin tinggi kompetensi di lingkungan kerja, semakin tinggi pula perkembangan perusahaan sehingga perusahaan lebih mudah mencapai tujuannya.

Mengamalkan perilaku jujur, kritis, teliti, rasa ingin tahu, tanggung jawab Menghargai kerjasama, damai, santun, toleransi, demokratis untuk menyelesaikan masalah perbedaan konsep berpikir untuk mengaplikasikan keterampilan dan pengetahuan.

Menunjukkan sikap responsif, konsisten, proaktif dan juga berinteraksi secara efektif dan menjadi bagian dari solusi dari berbagai permasalahan dan terus menerus meningkatkan kemampuan/ kompetensi agar selalu update serta dapat diandalkan dengan memberikan kinerja terbaik dan prestasi yang memuaskan

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *