Kenapa Akhlak Itu Penting

 

Akhlak itu Penting

Manusia diciptakan oleh Allah dengan anugerah yang luar biasa. Tidak ada makhluk sehebat manusia yang dikaruniai berbagai kelebihan mulai dari akal, hati, nafsu sampai fisik yang menakjubkan. Allah sendiri menyebutkan manusia sebagai ciptaan yang paling sempurna “Sungguh Kami telah menciptakan manusia dalam bentuan yang sebaik baiknya” (QS.At-tin (95):4)

Sejak Awal Allah menciptakan manusia (Nabi Adam a.s) telah menjadi pertanda bahwa kelak generasi penerusnya akan menurunkan sifat, karekter dan pribadi yang tidak jauh berbeda dengan nenek moyangnya. Fakta hingga hari ini menyebutkan bahwa banyak orang yang memiliki perangai kemuliaan, sebagaimana karakter yang dimiliki oleh Adam a.s. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa banyak juga  orang yang memiliki karakter yang berbeda dengan Adam a.s.

Kita tidak boleh lupa bahwa ada makhluk lain yang menjadi rival utama manusia, dialah iblis. Sejak awal penciptaan Adam a.s iblis adalah sosok yang paling getol “memblokir” kehadiran Adam a.s

Tak Heran karena demikian gigihnya godaan iblis, banyak manusia bertingkah laku yang tidak lagi mencerminkan tabiat kemansiaannya.

Komponen komponen yang dianugerahkan kepada manusia berupa akal untuk berpikir, hati untuk memahami, mata untuk melihat, telinga untuk mendengar  dan nasihat kebaikan tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Betapa banyak orang yang berperangai tidak manusiawi, bahkan bisa dikatakan seperti binatang, berjiwa  bengis, suka menjilat, rakus, kikir dan anarkis hingga gampang berbuat zalim tanpa alasan yang dibenarkan.

Dunia hingga hari ini tidak hanya diliputi oleh hal hal yang baik, tetapi juga banyak hal buruk menghiasinya. Tinggal bagaimana kita memilih “menu” yang telah ada. Jalan Kebenaran atau kesesatan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *