Amanah Jujur atau dapat di percaya

Jaban tangan
Sikap Amanah

 

Amanah mempunyai arti jujur atau dapat di percaya. Menurut bahasa amanah dapat diartikan dengan sesuatu yang dipercayakan atau kepercayaan.

Dengan demikian, sikap amanah dapat bertanggung jawab dalam lapangan yang sangat luas sekali. Oleh karena itu, sikap amanah merupakan sesuatu yang dipercayakan untuk dilindungi, dijaga, dan dilaksanakan.

Allah SWT berfirman yang artinya : “Sesungguhnya kami telah menyampaikan amanah kepada langit, bumi, dan gunung-gunung, semuanya enggan untuk memikul amanah itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya. Dipikullah amanah itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh. (QS.AL-AHZAB [33]: 72).

Rasulullah SAW. Bersabda : Tiada iman pada orang yang tidak menunaikan amanah dengan baik dan tiada agama pada orang yang tidak menunaikan janji tersebut. ( H.R Ahmad dan Ibnu Hibban).

Dengan demikian amanah adalah melaksanakan semua ketentun baik itu perintah dan larangan sesuai ketentuan dan petunjuk Allah dan Rasullnya.

Ibn Abbas menuturkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya adalah: Allah SWT berfirman kepada Nabi Adam As, aku telah mengemukakan amanat kepada lagit dan bumi, tetapi mereka tidak sanggup mengembannya dengan baik. Apakah engkau telah sanggup mengembannya dengan apa yang ada di dalamnya?

Adam bertanya? Apa yang ada di dalamnya, wahai Rabb-ku? Allah menjawab: jika engkaun mengembannya maka engkau diberi pahala dan jika engkau mengabaikannya maka engkau akan diazab.

Adam lalu mengembankannya dengan apa yang ada di dalamnya. Adam tidak tinggal di surga kecuali seukuran antara shalat yang pertama sampai sholat Ashar hingga setan mengeluarkan dari syurga ( HR. At- Tirmidzi).

Berdasarkan hadist ini, Ibn Abbas berpendapat, bahwa amanah dalam ayat ini maknanya adalah kewajiban-kewajiban dimana seorang hamba diberiakn amanah kepada Allah untuk melaksanakannya.

Seluruh pendapat tersebut bermuara pada kesimpulan bahwa amanah dalam ayat tersebut merupakan seluruh apa yang dipercayakan Allah kepada manusia mencakup seluruh perintah dan larangannya.

Amanah artinya benar-benar orang yang bisa dipercaya. Jika satu urusan diserahkan kepadanya, niscaya orang percaya bahwa urusan itu akan dilaksanakan dengan cara sebaik-baiknya.

Amanah – Dalam kehidupan bermasyarakat rasa kejujuran pasti sangat di butuhkan dalam menjaga hubungan antar masyarakat yang lain. Seseorang yang sudah cidera hatinya karena merasa dibohongi akan susah kembali pulih.

Sikap jujur atau amana dalam kehidupan sangatlah penting, selain menjaga hubungan bermasyarakat, pertemanan sikap ini adalah sikap yang diajarkan Nabi Muhammad SAW sehingga berperilaku dan bertindak selaras dengan perkataan, menjadi seseorang yang dapat dipercaya dan beretanggung jawab, jujur dan berpegang teguh kepada nilai moral dan etika secara konsisten.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *